Penuh Semangat, Santri MTs Darussalam Impa-Impa Ikuti Diklatsar

Diklatsar MTs Darussalam Impa-Impa 

 

WAJO, INFOCHANELNASIONAL.COM----Palang Merah Remaja (PMR) adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dan lain-lain) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan.

Bertempat di aula lantai 3, MTs. Darussalam Impa-Impa dilaksanakan pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) PMR-PMI Angkatan ke-2, dengan tema, "Menumbuhkan Jiwa Relawan Muda Palang Merah yang Berkarakter ". Sabtu, 7 September 2024.

Kegiatan Diklatsar ini dihadiri oleh Kepala Madrasah MTs. Darussalam Impa-Impa Drs. Muh. Rais, MM., Kepala Markas PMI Kabupaten Wajo, Bambang Arianto, SE., Wakil Kepala Madrasah Sarana dan Prasarana Yusril Ihza Mahendra, beserta segenap Pembina PMR dan Pembina Pramuka MTs. Darussalam Impa-Impa serta alumni Diklatsar Angkatan Pertama PMR-PMI unit 115 MTs. Darussalam Impa-Impa. 


Kegiatan Diklatsar dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah MTs. Darussalam Impa-Impa. Dalam sambutannya, Muh. Rais mengajak kepada seluruh peserta agar senantiasa bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini agar dapat berguna bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. 

"Kita tidak tahu kapan musibah itu datang, olehnya itu kita harus siap siaga dalam memberikan pertolongan kepada sesama manusia", ujar  Muh.Rais

Lanjut Muh. Rais, dengan menjadi anggota PMR berarti menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan PMI agar bisa membantu sesama manusia khususnya di bidang kesehatan. 

Pembina PMR MTs. Darussalam, Muhammad Ilyas yang dihubungi oleh team media (11/9/2024) mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya diklat ini adalah mampu menyiapkan anggota PMR yang terampil. 

"Target dari kegiatan ini,  peserta yang nantinya menjadi anggota PMR, bisa mengamalkan nilai-nilai Tribakti PMR dan 7 Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit  Merah yakni meningkatkan keterampilan hidup sehat, berkarya dan berbakti di masyarakat, mempererat persahabatan nasional dan internasional, ungkapnya.  

Adapun materi dalam diklatsar ini adalah Sejarah Gerakan Palang Merah Dan Bulan Sabit Merah Internasional, Dasar-dasar Pertolongan Pertama, Anatomi  & Kedaruratan Medis , Luka Bakar dan Keracunan, CSJR-CSOR /Pembalasan dan Pembidaian, Donor Darah, KESJ kesehatan Remaja, RSPS (Remaja Sehat Peduli Sesama), Ayo SIAGA Bencana, Video, dan Pembuatan Tandu Darurat. 

Setelah menerima materi selama sepekan, PMI Kabupaten Wajo akan melantik 69  santri/santriwati menjadi anggota Relawan Palang Merah Remaja Indonesia pada hari Senin 16/9/2024 yang akan datang. 

Azizah, peserta diklatsar PMR dari kelas 9A merasa senang sekali masuk PMR karena mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang belum pernah didapatkan sebelumnya, termasuk manfaat dan kegunaan transfusi darah. "Semoga setelah saya masuk PMR ini saya akan mendapatkan ilmu yang banyak agar dapat saya manfaatkan kepada orang banyak" harapnya. 

Laporan: Abustan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama